Wednesday 11 November 2015

Bercocok tanam cabai dpolybag ki c

Di bulan november ini dki c cukangleles, sedang digalakkan bercocok tanam dalam polybag. Menanam cabe dalam polybag adalah pilihan terbanyak. Karena cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yang harganya cukup berfluktuasi. Hal ini yang memancing orang untuk menanam cabe, sekedar untuk persediaan sendiri.
Cara menanam cabe dalam pot atau polybag cukup mudah dilakukan. Secara umum menanam cabe bisa dilakukan pada ketinggian 0-2000 meter diatas permukaan laut.
Salah satu cabai yang cocok ditanam di pekarangan adalah cabai kerit8ng. Jenis ini relatif lebih tahan iklim tropis dan rasanya pedas banyak disukai orang. Berikut ini cara menanam cabai keriting dalam polybag.
Pemilihan benih
Di pasaran banyak macam varietas cabai keriting,mulai dari hibrida hingga varietas lokal. Varietas lokal banyak ditanam dikudus, rembang, hingga tanah karo, sumatera utara. Saat ini terdapat varietas lokal hasil, produktivitasnya pun lebih baik daripada variotas lokal tanpa seleksi. Benihnya dijual dalam kemasan kaleng seperti tampar yang diproduksi sang hyang sri. Dari  segi teknis, cara menanam cabe keriting lokal lebih sederhana dan anti ribetdibanding cara menanam cabe hibrida. Hanya saja produktivitasnya masih kalah dari hibrida.
Penyemaian benih
Cara menanam cabe dalam polybag sebaiknya tidak laangsung dilakukan dari benih atau biji. Pertama tama benih cabe harus disemaikan terlebih dahulu. Proses penyemaian gunanya untuk menyeleksi pertumbuhan benih,memisahkan benih yang tumbuhnya kerdil, cacat. Selain itu juga untuk menunggu kesiapan bibit sampai cukup tahan ditanam ditempat yang lebih besar.
Tempat persemaian bisa berupa polybag ukuran kecil(8x9cm),daun pisang, baki, petakan tanah. Cara paling ekonomis adalah dengan menyiapkan petakan tanah untuk media persemaian.
Buat petakan tanah dengan ukuran sekucukupnya, campurkan kompos dengan tanah lalu aduk hingga rata. Butiran tanah dibuat sehalus mungkin agar perakaran bisa menembusnya dengan mudah. Buat ketebalan petakan petakan tersebut 5-10cm, diatasnya buat larikan dengan jarak  10cm.
Masukkan benih cabe dalam larikan dengan 7,5 cm kemudian siram untuk membasahi tanah dan tutup dengan tanah. Setelah itu tutup dengan karung goni tetap basah selama 3-4 hari, pertahankan karung goni basah .pada hari ke 4 akan muncul bibit dari permukaan tanah, kemudian buka karung goni. Tanaman cabe siap dipindahkan kepolybag besar setelah berumur 3-4minggu.
Penyiapan media tanam
Pilih pol6bag yang berukuran diatas 30cm, agar media tanam cukup kuat menopang pertumbuhaan tanaman cabe yang rimbun. Selain polybag, bisa juga digunakan pot dari jenis plastik.atau bisa juga menggunakan wadah bekas yang tidak terpakai lagi. Beri lubang pada dasar wadah untuk saluran drainase.
Cara menanam cabe dalam polybag bisa menggunakan  media tanam dari campuran tanah, kompos, pupuk kandang, sekam padi, arang sekam, dan lainnya.
Pemeliharaan dan perawatan
-pemupukan
-penyiraman
-pengairan
-perompesan
-hama dan penyakit
Pemanenan
Umur cabe dari mulai tanam hingga panen bervariasi tergantung jenis varietas dan lingkungan. Masa panen terbaik adalah saat belum buah sepenuhnya berwarna merah, masih ada garis hijaunya. Buah seperti ini sudah masuk bobot yang optimal dan buah cabe masih bisa tahan 2-3hari. Waktu panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah embun kering. Hindari waktu panen pada malam dan siang hari.

No comments:

Post a Comment