Wednesday 16 December 2015

Batuk dan obat batuk tradisional

Batuk, pilek, demam adalah penyakit yang sering menyerang siapapun. Apalagi kalau sudah musim hujan dan pancaroba. Batuk ada 2 macam batuk kering dan batuk berdahak. Kedua batuk itu tentunya sama -sama tidak membuat nyaman dalam beraktivitas maupun tidur. Pada dasarnya batuk disebabkan oleh benda asing seperti debu yang menyerang selaput lendir di tenggorokan. Hal tersebut yang menyebabkan rasa gatal  dan ingin mengeluarkannya dengan cara batuk. Untuk menghilangkan batuk ada berbagai macam cara baik dengan obat maupun tradisional. Banyak macam obat batuk baik sirup maupun tablet. Merknya juga bermacam macam.
Ada juga obat tradisional yang sangat manjur:
1.Jeruk Nipis
Jeruk nipis sangat mudah didapat dipasaran. Oleh karena itu jeruk nipis paling sering digunakan untuk obat batuk tradisional. Batuk berdahak merupakan peradangan pada lapisan lender disaluran pernafasan. Tapi bisa juga disebabkan oleh bakteri atau virus.
Cara mengatasi batuk berdahak dengan jeruk nipis adalah dengan menggunakan perasan jeruk nipis dicampur dengan kecap atau bagi yang tidak suka kecap dapat diganti dengan menggunakan madu. Minum 2-3kali sehari.
2 .Jahe
Jahe mengandung zat anti bakteri yang baik untuk tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga dapat digunakan sebagai obat berdahak. Jahe diminum dalam bentuk sari jahe atau sering disebut wedang jahe. Minum 2-3 kali sehari selagi hangat.
3.Kencur
Kencur yang dipadukan dengan jahe sangat manjur untuk mengobati batuk. Cara membuatnya parut kencur dan jahe. Rebus kencur dan jahe dengan segelas air mendidih. Saring, buang ampasnya. Untuk hasil yang maksimal, minum dua kali sehari selagi hangat.
3.Daun Sirih
Batuk berdahak juga dapat disembuhkan daun sirih caranya adalah rebus daun sirih bersama bebrapa potongan jahe. Minum selagi hangat sekali sehari. Ini sangat membantu proses penyembuhan agar kita cepat beraktivitas lagi.
4.Belimbing wuluh
Belimbing wuluh yang rasanya sangat asam sangat cocok untuk dibuat sayur asam, dan sering juga untuk dibuat manisan. Selain itu juga bisa digunakan untuk obat batuk. Cara membuatnya kupas 10 buah belimbing wuluh, lalu parut, campurkan kedalam segelas air putih, dan masukkan juga garam, setelah itu kemudian disaring. Cukup minum 2x sehari ya sist.
5.Kunyit
Kandungan antibiotik yang ada dalam kunyit dapat mengatasi peradangan yang dapat menyebabkan batuk. Cara membuatnya campurkan satu sendok kunyit bubuk dan merica kedalam air mendidih. Kemudian minum dua kali sehari.
6.Asam  jawa dan gula merah
Asam jawa dan gula merah adalah benda lazim yang ada didapur orang indonesia. Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan bisa juga digunakan untuk obat batuk. Kuas 10 buah asam jawa kadalam segelas air mendidih kemudian tambah gula merah. Minumlah supaya tubuh terasa hangat.
By. Atin nurkhikmahwati amd. Keb

No comments:

Post a Comment