Monday 29 February 2016

DEMAM TINGGI PADA ANAK

Demam adalah salah satu gejala yang paling sering menyebabkan orangtua membawa anaknya ke dokter.Definisi demam adalah anak 1th suhu rektal lebih dari 38,4 derajat celcius,anak dibawah 1 th suhunya lebih dari 38 derajat celcius.Keadaan anak demam seringkali menimbulkan kecemasan pada orang tua bahkan dokter.Padahal demam pada umumnya tidak berbahaya.Demam merupakan salah satu mekanisme tubuhnya untuk melawan infeksi.
Tidak semua demam harus di obati.Akan tetapi demam tinggi seringkali membuat anak tidak merasa nyaman.Akan tetapi menjadi suatu penyakit yyang tidak ringan bila demam ditandai dengan gejala seperti dehidrasi,kejang dan kesadaran  menurun.
Kebanyakan demam  disebabkan oleh infeksi virus yang tidak semua virus tersebut memerlukan antibiotik kecuali virus dengue penyebab demam berdarah.Seringkali terjadi diagnosa yang berlebihan seperti virus padahal anak hanya mengalami infeksi virus biasa.
Pada saat anak demam seringkali orang tua panik,sehingga bingung mau melakukan apa.Diobati sendiri,segera dibawa kedokter atau cek darah.Dalam melakukan tindakan ini biasanya ada yang berlebihan ada yang biasa biasa saja.
Yang paling penting diilakukan dalam menangani demam tinggi tanpa penyebab adalah mengenali anak apakah tampak baik baik saja,sakit atu toksik.Demam lebih dari 72 jam tidak harus dicek laboratorium darah karena tidak selalu  demam berdarah atau tifus.Sebaiknya pemeriksaan laboratorium harus berdasarkan advis dokter.
MENCARI PENYEBAB DEMAM ANAK
Dalam keadaan demam sebenarnya adalah yang lebih penting mencari penyebab demamnya.Orang tua tidak perlu khawatir bila penyebabnya adalah infeksi virus biasa.Harus diwaspadai bila demam disebakan oleh virus dbd,meningitis atau infeksi otak.Bila dicurigai infeksi virus seperti tifus atau infeksi saluran kencing harus dikonsultasikan dokter.
LANGKAH YANG HARUS DILAKUKAN:
  • Penyebab paling sering,inffeksi virus.Tidak harus melakakukan cek darah.
  • DBD
OBAT DAN PENANGANAN DEMAM :
  • Demam merupakan gejal,bukan penyakit..Tidak harus cepat cepat memberikan obat ,tapi cari penyebabnya.
  • Kompres dengan air hangat.
  • Tak perlu khawatir bila anak sulit makan dan minum
  • Parasetamol
BY.ATIN NURKHIKMAHATI,AMD.KEB


No comments:

Post a Comment