Monday 21 December 2015

SAKIT MATA PADA BAYI

Sakit mata bisa terjadi pada siapapun.Tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga pada anak -anak bahkan bayi juga bisa terkena sakit mata.Mata mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan kita.Oleh sebab itu jangan pernah mengabaikan sedikitpun tentang kesehatan mata.
SAKIT MATA PADA BAYI
Pada bayi sering sekali terjadi gangguan pada mata.Yang umum terjadi adalah belekan atau kotoran yang keluar dari mata yang menyebabkan mata lengket sulit untuk terbuka.Biasanya jika dibiarkan lama kelamaan mata akan berair dan membuat tidak nyaman.Belek sendiri timbul karena adanya iritasi pada mata,baik itu iritasi ringan atau berat.Jika yang terjadi adalah iritasi ringan tidak perlu terlalu dikhawatirkan,karna akan sembuh dengan sendirinya.
Akan tetapi jika iritasi sudah masuk ke tahap mengganggu maka sebaiknya segera diperiksa ke dokter.Karena belek yang dibiarkan terlalu lama bisa menjadi jalan masuknya kuman dan dapat menyebabkan penyakit mata yyang lebih serius lagi.
CARA MENGATASI SAKIT MATA PADA BAYi
    Yang dapat dilakukan dirumah untuk mengatasi sakit mata pada bayi antara lain:
  • Kita dapat mengompres mata anak dengan menggunakan kain atau kapas yang dibasahi dengan air hangat,dan sesekali mengelap bagian mata yang telah dikompres.Lakukan sesering mungkin,agar iritasi pada anak berkurang.
  • Jika dikompres dengan sering,jangan sekali kali anda memasukan cairan apapu,termasuk tetes mata.Karena kandungan yang ada pada tetes mata tidak diperuntukan untuk bayi.
  • Kalau tetap tidak ada perubahan segera konsultasikan ke dokter
   

No comments:

Post a Comment